"Semoga senyum Tuhan selalu menyertai aktivitas kita selaku khalifah di muka bumi hingga nafas terakhir tersenyum berpapasan Tuhan"

Teater Awal Bandung memperingati Earth Hour 2020 | Blackout - Bumi Padam Sejenak

Maret 28, 2020


Beberapa jam yang lalu, tepatnya hari Sabtu, tanggal 28 Maret 2020, sabtu terakhir di bulan Maret tahun 2020 ini. Teater Awal Bandung ikut berpartisipasi dalam gerakan EARTH HOUR dengan gagasan "BLACKOUT - BUMI PADAM SEJENAK".

EARTH HOUR merupakan sebuah kampanye global organisasi konservasi terbesar dunia, WWF. Pada kampanye tersebut setiap individu ataupun kelompok (organisasi, komunitas, pemerintahan, dsb.) di seluruh dunia diajak untuk ikut peduli pada perubahan iklim yaitu dengan mematikan lampu maupun perangkat elektronik yang sedang tidak digunakan selama 1 jam yaitu pada pukul 20.30 - 21.30 waktu setempat, setiap hari Sabtu di minggu terakhir pada bulan Maret setiap tahunnya.

Di Bandung sendiri, gerakan Earth Hour ini mulai eksis dan terorganisir dengan baik oleh JKBBE (Jaringan Komunikasi Bandung Bijak Energi) pada tanggal 2 Maret 2011. Hal tersebut seperti terlanris pada situs Earth Hour Indonesia.

Kampanye/gerakan kepedulian terhadap perubahan iklim ini menjadi sebuah percikan awal, pondasi, garis start yang akan menentukan kondisi hari esok. Setiap individu ataupun kelompok yang ikut serta terlibat memperingati dan berpartisipasi dalam gerakan Earth Hour dapat melalui acara sosial,  kampanye, ajakan, bahkan melalui sosial media yang menjadi sebuah media dimana influencer dapat mengajak followers nya untuk ikut serta pula.

Membawa gagasan "BLACKOUT - Bumi padam Sejenak", Teater Awal Bandung pun ikut memperingati kampanye Earth Hour 2020. Istilah Blackout sendiri dalam teater mengacu pada sbuah teknik lighting dimana lampu pementasan dipadamkan. Istilah ini tentu berhubungan dengan cara peringatan Earth Hour dimana lampu dipadamkan pada pukul 20.30 - 21.30 waktu setempat, dan oleh Teater Awal Bandung peringatan ini diisi dengan suatu karya lewat pembacaan karya sastra yaitu puisi. Dengan keadaan bumi yang sedang dilanda wabah ini kita masih bisa mengisi kreatifitas kita untuk memperingati setiap moment yang terjadi di sekitar.

Berikut ini video pembacaan puisi dalam rangka partisipasi Earth Hour oleh Teater Awal Bandung:


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.