"Semoga senyum Tuhan selalu menyertai aktivitas kita selaku khalifah di muka bumi hingga nafas terakhir tersenyum berpapasan Tuhan"

Hari Tari Dunia ditengah Pandemi Corona -- Teater Awal Bandung

April 29, 2020
Hari Tari Dunia ditengah Pandemi Corona -- Teater Awal Bandung

Para penari Teater Awal Bandung bergeliat lincah serentak menarikan sebuah tarian bernama badaya diiringi dengan alunan musik gamelan. Adakah hubungannya hari ini dengan kegiatan tersebut?


Yap, hari ini, tepatnya tanggal 29 April, merupakan hari yang diperingati sebagai Hari Tari Sedunia. Pada hari ini juga bertepatan dengan hari lahir dari Jean-Georges, pembuat tari balet modern.

Latar belakang diperingatinya hari tari ini yaitu dicanangkan oleh International Theatre Institute (ITI) pada tahun 1982. Pesan dari diadakannya peringatan ini yaitu untuk merayakan tarian, bersenang-senang dalam universalitas bentuk seni melintasi semua hambatan politik, etnis, dan budaya, juga bermaksud untuk menyatukan orang-orang dengan bahasa universal yaitu tarian, hal ini seperti terlansir pada situs International Dance Day.

Setiap kelompok tari di dunia beramai-ramai saling membuat sebuah peringatan dengan berbagai kemasan dan pesan yang di sampaikan. Kali ini Teater Awal Bandung -- yang bergerak di bidang seni dimana didalamnya terdapat juga seni tari yang merupakan cakupan dari wilayah seni tradisi -- juga tak ketinggalan momen tersebut, memperingati hari tari sedunia dengan membuat sebuah video tarian di rumah masing-masing. 

Peringatan tersebut juga tak sebatas ikut berpartisipasi, tapi juga ikut menyampaikan pesan. Pesan yang ingin di sampaikan yaitu "meskipun keadaan dunia saat ini sedang kurang baik di tengah gejolak pandemi, tetapi hal yang musti kita lakukan adalah tetap produktif, aktif, dan berpikir positif".

Selamat Hari Tari Sedunia!
Semoga pandemi cepat mereda, dan kita dapat kembali menari bersama-sama..
Salam jiwa!!

6 komentar:

  1. Min teaterawal meuni keren wae

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Alwi Cabonga,,, can boga ngaran,,,
      Mantap....hehe

      Hapus
  3. Salam jiwa, terus menggeliat, semangat, proses tanpa ekses negatif, semoga menjadi dan mendapatkan nilai yg positif bagi anggotanya dan baraya sekalian pada umumnya, Aamiin.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.