"Semoga senyum Tuhan selalu menyertai aktivitas kita selaku khalifah di muka bumi hingga nafas terakhir tersenyum berpapasan Tuhan"

Neraka adalah orang lain - Pintu Tertutup || Pementasan Teater Awal Bandung

Pementasan Pintu tertutup Teater Awal Bandung
Pintu Tertutup karya Jean Paul Sartre Sutradara Ekky 'Abeng'

Sebuah padu-pikir dari Jean Paul Sartre, seorang filsuf yang kuat akan kesan eksistensialisnya menjadi latar belakang lahirnya sebuah naskah berjudul 'Pintu tertutup'.

Naskah ini menceritakan tentang kondisi di ruang surealis, hal ini dapat dilihat dari latar tempat yang tidak dapat dijangkau secara lahiriah yaitu Neraka. Meskipun begitu, pada pola keaktorannya menggunakan prinsip realis sebagaimana dapat kita lihat dari tokoh-tokoh yang muncul dalam lakon tersebut, hanya saja memang kita akan disuguhkan dengan abdsurditas pikiran-pikiran dari setiap tokohnya.


Buah pikiran Sartre ini memicu anggota Teater Awal Bandung yaitu Ekky 'Abeng' untuk menghadirkan teks tersebut menjadi bentuk visual dalam Pementasan Teater. Proses yang dilakukan pada pementasan ini berlangsung selama kurang lebih satu tahun dengan pergolakan lika-liku proses didalamnya, hal itu juga menjadi dinamika tersendiri yang mengantarkan garapan ini pada kematangn proses yang berlangsung.


Program pentas keliling atau pepeling menjadi tujuan awal dari garapan ini. Tim produksi telah melakukan penitikan dan proses komunikasi dengan berbagai pihak terkait tempat pementasan di berbagai daerah di Indonesia, namun dengan beberapa kondisi termasuk pandemi, yang akhir-akhir ini menjadi modus bahasan dalam berbagai lini yang terdampak, kami cukup menemukan struggle dalam proses pencarian tempat pementasan yang akan dijadikan sebagai titik-titik perjalanan pepeling ini.


Pementasan 'Pintu Tertutup' ini akhirnya dapat melaksanakan pentasnya pada Sabtu dan Minggu, tanggal 30 dan 31 Januari 2021 di Padepokan Sobarnas Martawijaya Garut. Hal ini tentu menjadi sebuah capaian luar biasa dimana beberapa nomor pementasan sebelumnya kami lakukan secara daring melalui media yang memungkinkan. 


Dengan berjalannya pementasan ini rupanya kami pun dapat mengambil pelajaran bahwa segala permasalahan dihadirkan berpasangan dengan solusinya, protokol kesehatan menjadi salah satu upaya yang kami lakukan untuk mengatasi ketidakmungkinan tersebut, meskipun pada akhirnya pementasan berlangsung dengan terbatas, tapi ini menjadi sebuah dorongan lebih bagi tim produksi untuk memasifkan proses berjalannya keproduksian yang optimal, aman, dan nyaman. Tentunya dengan beberapa komponen tersebut kami dapat menikmati proses pentas yang baik dengan timbal balik dari apresiator yang baik pula.


Berikut kami hadirkan dokumentasi dari pementasan 'Pintu Tertutup' karya Jean Paul Sartre yang diproduksi oleh Faiz 'Sileng' dan disutradarai Ekky Abeng Teater Awal Bandung:



Selamat menyaksikan, dan Salam Jiwa!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.