"Semoga senyum Tuhan selalu menyertai aktivitas kita selaku khalifah di muka bumi hingga nafas terakhir tersenyum berpapasan Tuhan"

Bedah Naskah Studi Panggung 35 “ Semar Gugat “ Karya Nano Rintiarno

 

Bedah Naskah Studi Panggung 35 “ Semar Gugat “ Karya Nano Rintiarno


Bedah naskah merupakan salah satu rangkaian penting sebelum mementaskan suatu pertunjukan, Selain Aktor dan penata bedah naskah menjadi tugas utama sutradara untuk memahi secara keseluruhan baik yang tersurat ataupun tersirat demi kelancaran dan keberhasilan pementasan.

 

Bedah naskah Semar Gugat Karya Nano Riantiarno dalam rangka Studi Panggung 35 dilaksanakan bersama Narasumber Andi Piteuk pada hari Minggu, ( 19/3/2023).

 

Setelah melalui berbagai proses menuju studi panggung 35 seperti olah tubuh, reading dan casting, kini bedah naskah merupakan rangkaian proses baru sebagai pembelajaran baru untuk anggota 35 dalam mengenal naskah dan panggung.

 

Tujuan diadakannya bedah naskah ini secara umum untuk memberi ilmu seluruh tim yang terlibat, agar bisa memahami lebih dalam naskah yang akan di garap. agar aktor, penata dan tim lainnya dapat menyatu dalam satu pertunjukan yang utuh dan sempurna.

 

Bedah naskah kali ini di mulai dengan mempelajari keseluruhan proses kerja aktor dalam Teater, seperti Cara mengembangkan karakter dalam peran, vocal yang harus menjadi identitas, motif gerak yang jelas, cara siap menjadi aktor dengan menghilangkan rasa malu, nervous dan rasa malas, olah sukma dengan menghadirkan, masukan, dan serap dalam hati aktor serta cara observasi dan menjaga konsistenitas terhadap pemeranan.

 

Selain mempelajari bagaimana cara kerja aktor dalam teaeter, bedah naskah kali ini juga memulai dengan peran dan tugas bagi para koordinator dan penata studi panggung 35 seperti perbedaan  target pembentukan tokoh dalam olah tubuh dengan olahraga biasa, mecari dan melakukan fitting baju di kaca setelah karakter tokoh konsisten, dan perlunya koreo dalam teater.

 

Naskah Semar Gugat Karya Nano Riantiarno ini mengisahkan mengisahkan tokoh wayang Semar yang mencoba dan gagal balas dendam terhadap Arjuna dan Srikandi karena telah mempermalukannya dengan memotong sejumput rambutnya saat mereka kesurupan ratu iblis Durga. Semar yang telah meminta perubahan bentuk pada dewa sehingga menjadi Prabu Sanggadonya gagal menghadapi seluruh setan Gandamayit karena yang mampu mengalahkannya hanya semar, hanya semar, kesaktian semar. 


Naskah semar gugat dalam proses pertunjukan Studi Panggung 35 ini akan diadaptasi secara kontekstual menuju zaman, pada tahun 2023.

 


Atas hasil menelisi dan berdiskusi sutradara dan tim melihat semangat atau ruh semar gugat dicocokan dengan konstektual zaman itu maka untuk menambah semangat ruh naskah akan dibuat dan dicocokan dengan peristiwa zaman ini.

 

Kritikik sosial disesuaikan zaman itu, politik zaman itu super semar, kehidupan sosial, ekonomi, politik disesuaikan dengan pada zaman dulu, maka dari itu dengan diadapatasinya naskah semar gugat saat ini maka kehidupan sosial, ekonomi, politik akan disesuaikan dengan zaman ini dan tidak terlihat kuno.

 

Secara bentuk yang akan disajikan kontekstual adalah surealis yang mendobrak realis. Jenis pertunjukan/ naskah adalah tragedi komedi.

 

Struktur dramatik dari pertunjukan Semar Gugat Studi Panggung 35 adalah :

 

1. Permulaan

2. Konflik

3. Perubahan

4. Kekacauan

5. Kesadaran

6. Keputusan akhir

 

Tiga kata kunci / premis :

 

1.    Cinta

2.    Amarah

3.    Hasrat

 

Gaya naskah Semar Gugat Studi Panggung 35 menggunakan Gaya mewah ( kerajaan harta tahta wanita).

 

Semoga kegiatan dan proses ini bisa terus di jalani sebaik mungkin dengan kegembiraan dan rasa iklas agar terciptanya insan teater yang kuat dalam karakter, tubuh, pemikiran.

 

Jangan lupa bahwasannya kerja teater adalah kerja kolektif, perlunnya kebersamaan dalam diskusi dan saling mendukung, untuk memecahkan hambatan dan meraih tujuan yang diharapkan.

 

Terima kasih kepada narasumber

Terima kasih kepada seluruh pihak yang terkait

Selamat berposes kembali

Semoga senyum Tuhan selalu membersamai kita

 

Salam Jiwa !!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.