"Semoga senyum Tuhan selalu menyertai aktivitas kita selaku khalifah di muka bumi hingga nafas terakhir tersenyum berpapasan Tuhan"

Naskah FAUST EINE TRAGODIE Karya Johann Wolfgang Von Goethe Terjemahan Agam Wispi

Maret 15, 2024


FAUST EINE TRAGODIE

Karya Johann Wolfgang Von Goethe Terjemahan Agam Wispi


FAUST; EINE TRAGODIE adalah sebuah naskah drama tragedi karya Johann Wolfgang Von Goethe, berbahasa Jerman yang di terjemahan oleh Agam Wispi. Naskan drama  ini menceritakan seorang pria tua bernama Faust yang ahli di bidang ilmu pengetahuan, namun ia merasa tak mendapatkan kepuasan apapun oleh ilmu yang sudah ia dapatkan, yang ia rasakan hanyalah berupa ketidakpuasan dan kehampaan hidup. Sehingga pada akhirnya ia bertemu roh iblis yang bernama Mephistopheles dan membuat suatu perjanjian, sehingga Faust masuk pada lingkaran setan dan rela mengorbankan jiwanya, demi bisa mewujudkan hal-hal yang mungkin bisa terjadi. Perjanjian antara keduanya pun terjalin, Faust menginginkan dirinya muda kembali kepada Mephistopheles, dengan begitu Faust merasakan kegembiraan. Lalu Faust pun jatuh cinta kepada gadis gereja yang taat yaitu, Gretchen. Keduanya pun menjalin kisah asmara, hingga pada akhirnya gretchen pun dibutakan oleh cinta dan melakukan hal yang sangat hina kepada keluarganya dan terbelunggu dalam dosa, yang membuatnya menjadi sakit jiwa dan membuatnya gila.


            Di awal cerita terjadi di Surga. Percakapan Antara Mephistopheles (Setan) bertaruh dengan Tuhan: dia mengatakan bahwa dia dapat memikat manusia kesayangan Tuhan salah satunya Faust. Kemudian berlanjut kepada cerita Faust yang berusaha mempelajari segala sesuatu yang dapat diketahui, namun setelah ia mempelajari banyak ilmu yang ia dapatkan hanya ketidakpuasan dan kehampaan hidup. Hingga pada akhirnya ia memanggil iblis atau setan yang bernama Mephistopheles dan membuat sebuah perjanjian dengan menukar jiwanya hanya untuk kesenangan duniawi. Perjanjian tersebut yaitu Mephistopheles berjanji akan melayani apapun yang diinginkan Faust, dan Faust harus melayaninya di akhirat. Kemudian Faust menginginkan dirinya muda kembali kepada Mephistopheles, dengan begitu Faust merasakan kegembiraan. Lalu Faust pun jatuh cinta kepada gadis gereja yang taat yaitu, Gretchen. Keduanya pun menjalin kisah asmara, hingga pada akhirnya gretchen pun dibutakan oleh cinta dan melakukan hal yang sangat hina kepada keluarganya dan terbelunggu dalam dosa, yang membuatnya menjadi sakit jiwa dan membuatnya gila. Di akhir cerita Faust yang haus akan ilmu pengetahuan, menggunakan akalnya untuk menaklukan kekuatan alam, untuk kepuasan dan obsesinya semata. Dan apa yang didapat hanyalah kesenangan tak menentu, kepuasan semata, keputusasaan yang tak ada ujungnya.


            Naskah Drama di anggap sebagai magnum opus karya sastra Jerman terhebat. Legenda Faust ini telah banyak menjadi dasar bagi kesusastraan dunia yang telah di tafsirkan ulang selama berabad-abad. Kisah ini berhasil menyiratkan Melankolianya Fausr dengan melakukan pengorbanan nilai-niai spritual demi kekuasaan dengan cara melakukan perjanjian dengan iblis dan perjuangan yang tak pernah puas untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang tak ada batas ujungnya. 



    Download Naskah FAUST EINE TRAGODIE lengkap dibawah ini ...



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.