"Semoga senyum Tuhan selalu menyertai aktivitas kita selaku khalifah di muka bumi hingga nafas terakhir tersenyum berpapasan Tuhan"

Naskah DUKUN DUKUNAN Karya Puthut Buchori

Juni 29, 2024

 DUKUN DUKUNAN

Karya Puthut Buchori



Judul Naskah : Dukun Dukunan


Penulis Naskah : Puthut Buchori


Halaman : 14 Halaman


Tahun Naskah : 2004


Kota/Negara : Indonesia


Jenis Naskah : *Adaptasi


Judul Naskah Asal * : Dokter Gadungan


Penulis Naskah Asal * : Moliere


Tahun Naskah Asal * : 1976


Kota/Negara : Indonesia


Genre terkait : Komedi


Jumlah Babak : Dua (2)


Jumlah Adegan : Delapan (8)


Jumlah Tokoh : Tujuh (7)


Daftar Tokoh : Suami, Istri , Pak Martabat, Buk Martabat , Parjit PRT, Putri, Suster


Gambaran Latar : Dua adegan pertama di rumah suamk yang miskin dan kedua di rumah pak martabat dan bu martabat yang kaya raya


Kata Kunci Terkait : Kritik sosial


Informasi lain : Ada satu penambahan tokoh tapi tidak ada di dalam naskah yaitu Asisten Dukun


Sinopsis : Naskah Dukun-Dukunan diambil dari karya Moliere yang diadaptasi oleh Puthut Bukhori. Pertunjukan ini berkisah tentang seorang suami dan istri yang sering beradu argumen karena si suami selalu saja bersantai setiap harinya, karena tak kunjung mempunyai pekerjaan. Padahal sang istri telah membanting tulang untuk menyambung hidup.


Si istri yang sudah lelah dengan kelakuan suaminya mendapatkan akal ketika datang seseorang menanyakan alamat seorang dukun sakti kepadanya. Ide istrinya membuat sang suami bersandiwara menjadi dukun sakti yang diminta oleh orang tersebut untuk menyembuhkan penyakit anak majikannya. Saat tiba di rumah majikan, bagai dukun sakti, sang suami mengeluarkan jurus-jurus yang dianggap sukar dijangkau oleh kemampuan manusia biasa. Berbagai adegan kocak dan satir mewarnai sandiwara sang suami. Akhirnya terkuak, bahwa anak sang martabat tidak sakit sungguhan. Dia pura-pura sakit karena berusaha menolak rencana orang tuanya yang memaksanya untuk melanjutkan sekolah yang tidak sesuai dengan yang diinginkannya.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.